Buku anak yang mendapatkan penghargaan internasional

Seobros

“Where the Wild Things Are” oleh Maurice Sendak
Penghargaan: Caldecott Medal (1964)
Deskripsi: Buku ini mengisahkan petualangan seorang anak laki-laki bernama Max yang pergi ke dunia fantasi di mana ia menjadi raja dari monster-monster liar. Buku ini terkenal dengan ilustrasinya yang menakjubkan dan cerita yang penuh imajinasi.


“The Very Hungry Caterpillar” oleh Eric Carle
Penghargaan: Laura Ingalls Wilder Medal (2003)
Deskripsi: Buku ini mengikuti perjalanan seekor ulat yang sangat lapar yang memakan berbagai makanan sebelum berubah menjadi kupu-kupu. Buku ini dikenal dengan ilustrasinya yang berwarna-warni dan gaya penceritaan yang sederhana namun efektif.


“Matilda” oleh Roald Dahl
Penghargaan: Whitbread Award (1988)
Deskripsi: Buku ini menceritakan kisah seorang gadis cerdas bernama Matilda yang memiliki kekuatan telekinetik dan harus menghadapi orang tua yang tidak peduli serta kepala sekolah yang kejam. Buku ini populer karena cerita yang inspiratif dan karakter-karakter yang menarik.

“The Tale of Peter Rabbit” oleh Beatrix Potter
Penghargaan: Medal of the Royal Society of Arts (1914)
Deskripsi: Buku klasik ini menceritakan kisah petualangan Peter Rabbit di kebun Mr. McGregor. Ilustrasi yang penuh warna dan cerita yang menyenangkan menjadikannya salah satu buku anak yang paling dicintai.


“Anne of Green Gables” oleh L.M. Montgomery
Penghargaan: Jane Addams Children’s Book Award (1937)
Deskripsi: Buku ini mengikuti kehidupan Anne Shirley, seorang gadis yatim piatu yang diadopsi oleh pasangan tua di Pulau Prince Edward. Cerita ini dikenal dengan karakter yang kuat dan pemandangan yang menggugah.


“The Gruffalo” oleh Julia Donaldson
Penghargaan: Smarties Book Prize (1999)
Deskripsi: Buku ini mengisahkan tentang seekor tikus yang cerdik yang menghindari pemangsa dengan cerita tentang makhluk fiksi bernama Gruffalo. Buku ini sangat populer karena rima dan ilustrasi yang ceria.


Guess How Much I Love You” oleh Sam McBratney
Penghargaan: Nestlé Smarties Book Prize (1994)
Deskripsi: Buku ini adalah kisah manis tentang dua kelinci, Little Nutbrown Hare dan Big Nutbrown Hare, yang saling mengungkapkan betapa mereka saling mencintai. Buku ini disukai karena pesannya yang hangat dan ilustrasi yang lembut.

“The Snowy Day” oleh Ezra Jack Keats
Penghargaan: Caldecott Medal (1963)
Deskripsi: Buku ini mengikuti seorang anak kecil bernama Peter saat dia menjelajahi dunia yang tertutup salju. Buku ini terkenal karena representasi yang inovatif dari pengalaman anak-anak dan ilustrasinya yang menggugah.


“A Wrinkle in Time” oleh Madeleine L’Engle
Penghargaan: Newbery Medal (1963)
Deskripsi: Buku ini adalah novel fiksi ilmiah yang mengikuti petualangan Meg Murry, saudara laki-lakinya Charles Wallace, dan teman mereka, Calvin O’Keefe, dalam perjalanan untuk menyelamatkan ayah mereka. Buku ini dikenal dengan tema ilmiah dan petualangannya yang mendalam.


“Kiki’s Delivery Service” oleh Eiko Kadono
Penghargaan: Hans Christian Andersen Award (1990)
Deskripsi: Buku ini menceritakan kisah seorang penyihir muda bernama Kiki yang memulai bisnis pengiriman di kota baru. Buku ini dikenal dengan pesan tentang kemandirian dan kreativitas.


“The Little Prince” oleh Antoine de Saint-Exupéry
Penghargaan: Prix de la Ville de Paris (1946)
Deskripsi: Buku ini menceritakan kisah seorang pangeran kecil dari planet lain yang berkelana ke Bumi dan belajar tentang kehidupan dan cinta. Buku ini populer karena filosofi dan ilustrasi yang penuh makna.


“The Wind in the Willows” oleh Kenneth Grahame
Penghargaan: Medal of the Royal Society of Arts (1908)
Deskripsi: Buku ini mengikuti petualangan karakter-karakter seperti Mole, Ratty, Badger, dan Toad di lingkungan pedesaan Inggris. Buku ini disukai karena kisahnya yang klasik dan karakter-karakter yang berwarna.


Buku-buku ini tidak hanya mendapatkan penghargaan internasional tetapi juga telah meninggalkan jejak yang mendalam dalam sastra anak-anak dan budaya populer di seluruh dunia.

Leave a Comment